Monday, July 4, 2011

Adinda

Diposkan oleh Martina Felesia di 9:37 AM
Hari ini ujian semester II akan dimulai.  Adinda mengemasi buku-buku sekolahnya dan bersiap untuk berangkat ke sekolah.  Hatinya senang.  Ia merasa pasti bisa mengerjakan semua soal karena sebelum ini ulangan hariannya selalu mendapatkan nilai bagus.  Memang sih ia tidak sepenuhnya belajar dari unit awal sampai akhir.  Sesekali ia sempatkan bermain facebook meskipun harus sembunyi-sembunyi karena takut ketahuan ibu.  Tapi ia yakin, ia pasti bisa mengerjakan soal-soal ujian dengan baik.

"Dinda, jangan lupa sarapan dulu ya....!" ibu berteriak.

"Nggak usah Bu......Dinda buru-buru....!" jawab Dinda seraya mengambil sepeda dayungnya.  Setelah mengucapkan salam, ia langsung berangkat ke sekolah.

Hari pertama, gampang.  Hari kedua bisa dilalui dengan mudah.  Hari ketiga agak puyeng karena ada Matematika, tapi bisa dilalui dengan selamat.  Hari keempat ia pulang dengan tersenyum.  Hari kelima lagi-lagi dibutuhkan konsentrasi tinggi karena ada pelajaran Math.  Hari keenam lumayan karena tinggal Bahasa Mandarin dan menggambar.  Hore.....selesai.....!

Seminggu kemudian tinggal terima raport.  Adinda tersenyum simpul.  'Semester ini aku pasti bisa mengalahkan Emon si ranking satu' pikirnya.  Tapi bagaimana kalau tidak masuk ranking ya?  Jujur saja kemarin itu waktunya lebih banyak untuk main game di internet dan ber-facebook ria dengan teman-teman.  Wah, sayang sekali kalau tidak dapat ranking.  Kesempatan untuk dapat uang saku dari kantor ayah bisa batal dong.

Saat pengambilan raport pun tiba.  Kali ini ibu yang akan mengambil raportnya.  Gawat deh!  Bisa-bisa kena omel kalau nilainya jeblok.  Hati Adinda mulai kebat-kebit.  Meskipun ia merasa bisa mengerjakan soal, ia agak kuatir karena kemarin-kemarin tidak fokus dalam belajar. 

Sesampai di sekolah ia bertemu dengan beberapa teman yang ternyata juga ikut mengambil raport.  Bersama-sama mereka melihat papan pengumuman sekolah untuk melihat siapa-siapa yang masuk dalam sepuluh besar.

"Hei Din, kamu ranking dua tuh....!" Rani berseru.

"Oya? Waduh....selamat deh aku nggak kena omel!" jawab Dinda sambil tersenyum gembira.  Ia bergegas menunggu ibu di depan pintu kelas untuk melihat hasilnya.

Wajah ibu terlihat senang.  Ia bangga pada pencapaian Dinda semester ini.  Meskipun demikian ibu sempat memberikan beberapa nasehat kepada dirinya. 

"Seharusnya Dinda bisa lebih bagus lagi nilainya jika mau belajar dengan tertib dan teratur waktunya.  Tidak belajar kalau hanya ada ujian.  Ingat tidak pelajaran tentang right and duty?  Kewajiban seorang murid adalah belajar.  Sesudah melakukan tugas atau kewajiban, boleh menuntut haknya, yaitu dapat nilai bagus", kata ibu. "Murid yang meremehkan tugas atau kewajibannya itu adalah murid yang sombong.  Merasa lebih pintar dari orang lain.  Sementara banyak murid lain yang tengah belajar keras supaya mendapatkan nilai terbaik".

"Iya Bu...maafkan Dinda.  Dinda akan belajar lebih keras lagi mulai semester ini.  Tapi...ngomong-ngomong....kita jadi nonton kan Bu?  I have to get my right after doing my duty!"

"Dindaaaaa........!!!

0 komentar:

Post a Comment

 

All About Kids Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting