Wednesday, December 9, 2009

Alkisah Tom and Jerry

Diposkan oleh Martina Felesia di 1:02 PM

Suatu hari Tom si kucing bertanya kepada Jerry si tikus ,"Sejujurnya apa yang kamu inginkan di dunia ini? Punya banyak uang atau punya banyak teman?".

"Entahlah..., kalau disuruh milih sih aku lebih suka milih punya banyak uang," Jerry menjawab dengan ragu.

"Mengapa?" tanya si Tom lagi. Cakarnya menggores-gores lantai dan menimbulkan suara berdecit-decit kasar. Membuat radar telinga yang mendengarnya jadi terganggu. Bising dan nggak enak didengar.

"Kalau punya banyak uang aku bisa membeli apapun yang aku suka. Bisa membeli keju. Bisa membeli mainan. Bisa membeli makanan sebanyak-banyaknya tanpa takut kelaparan. Bisa melakukan apapun yang aku mau," dengan pede Jerry menjawab lagi. "Kamu sendiri gimana? Kamu lebih suka punya banyak uang atau teman?"

"Aku pilih punya banyak teman saja deh!" jawab Tom si kucing.

"Loh...kenapa?"Jerry dengan heran bertanya.

"Memang sih aku juga suka punya banyak uang, tapi aku lebih suka punya banyak teman. Uang hanyalah benda mati. Ia hanyalah satu sarana untuk bertransaksi. Tapi uang tidak bisa menjadi seorang teman, yang bisa kita ajak untuk berbincang dan berkeluh kesah. Ia tidak berarti apapun apabila tidak ada teman yang kita cintai dan mencintai kita," si Tom menambahkan.

"Tapi dengan uang kita bisa membeli hiburan jika kita sedang sedih dan membeli benda-benda yang kita inginkan untuk memanjakan keinginan," si Jerry tidak mau kalah.

"Iya, memang betul katamu. Tapi uang tidak bisa membeli teman. Teman yang bisa dibeli dengan uang adalah teman bo'ong-bo'ongan. Teman yang bisa dibeli dengan uang hanyalah teman sementara waktu. Ia ada hanya karena kau butuhkan dan kau bayar dengan uang. Tapi ia akan segera menghilang jika kita sudah tidak memiliki uang," kata si Tom sok bijak.

"Hmmm.....benar juga katamu," kata Jerry sambil manggut-manggut. "Menurutmu, lebih penting mana, aku atau uang?" tanyanya kepada si Tom.

"Ya lebih penting kamulah....karena kalau uang tidak bisa dikejar-kejar seperti aku mengejar-ngejar kamu. Mengejar kamu lebih membuatku bersemangat daripada mengejar uang yang tidak bisa berteiak kalau kukejar-kejar," si Tom menjawab sambil terkekeh.

"Apa? Jadi kamu lebih suka mengejar-ngejar aku?" Jerry berteriak dan dengan secepat kilat melarikan diri dari terkaman Tom yang langsung mengejar-ngejarnya dengan riang.

* Uang memang penting, tapi lebih penting lagi menjalin pertemanan dengan orang yang betul-betul bisa dianggap teman.

0 komentar:

Post a Comment

 

All About Kids Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting