Wednesday, September 2, 2009

Nyamuk dan Cicak

Diposkan oleh Martina Felesia di 12:24 PM

Seekor nyamuk terbang mencari mangsa. Seharian ia belum makan. Perutnya terasa lapar. Tapi ia tidak melihat satu orang pun yang bisa dijadikan mangsa. Sang nyamuk tidak berputus asa. Dengan bersemangat ia terus terbang sampai akhirnya ia bertemu seekor cicak.

Si nyamuk lapar belum pernah melihat cicak. Jadi dengan percaya diri ia mendekati sang cicak dan bertanya,"Halo, teman. Aku nyamuk. Engkau siapa?"

Sang cicak bingung. Ia menolehkan kepalanya ke kanan dan ke kiri. Dengan bingung ia bertanya-tanya dalam hati. Ada suara kok tidak ada rupa ya? Hantu kaliiii...hiiiii......! Hampir saja ia kabur melarikan diri.

Si Nyamuk ikut bingung. Kok sombong banget sih binatang satu ini. Ditegur baik-baik malah "tolah-toleh" nggak jelas.

"Woiiiii......aku di sini! Ini....yang lagi terbang di depanmu!" nyamuk berteriak lebih keras lagi. Ia terbang meliuk-liuk di depan cicak dan berusaha menarik perhatiannya. Ia tidak pernah menyadari bahwa bahaya yang lebih besar sedang mengintainya. Lebih dari sekedar rasa lapar yang tengah mengganggunya.

Cicak melihat dengan lebih cermat lagi. Oooh, nyamuk. Wah, lumayan juga nih. Enak juga buat cemilan di pagi hari. Dengan sigap dan tanpa aba-aba perkenalan lebih dahulu ia menjulurkan lidahnya dan mengganyang sang nyamuk. Hap! Matilah si nyamuk lapar dalam mulut sang cicak.

Akhirnya, musnah sudah harapan si nyamuk lapar untuk mendapatkan makanan. Karena kecerobohannya, ia malah menjadi santapan sang cicak. Seandainya saja dia mau belajar bahwa cicak adalah binatang pemakan serangga mini (termasuk nyamuk), sudah pasti dia akan lebih berhati-hati untuk mengajaknya berkenalan.

Intisari cerita ini adalah, tidak baik kalau kita hanya tahu itu-itu saja. Semua hal perlu untuk diketahui. Lebih baik lagi kalau dipelajari. Supaya kita tidak gampang terjebak seperti nyamuk. Dan lebih bisa berhati-hati dan waspada dalam mengarungi kehidupan ini.

Jadilah nyamuk yang pintar! Jangan jadi nyamuk yang bodoh!

0 komentar:

Post a Comment

 

All About Kids Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting